Fasilitas Kereta Cepat Mashair Railway Siap Digunakan Jamaah Haji Tahun Ini

Berhaji.com

Sekitar 30 sampai 50 persen dari fasilitas kereta cepat Mashair Railway (Makkah Metro) akan digunakan musim haji ini, menurut Abdullah Al-Khodairy, perwakilan dari pemerintah provinsi Makkah dan Ketua Komite Haji Eksekutif.

Berbicara tentang layanan baru yang disediakan untuk jamaah haji tahun ini, ia berkata, “Perluasan Masaa (area berjalan antara Safa dan Marwah) telah selesai dan akan memfasilitasi ritual sai’ para jamaah haji.”

“Pembatasan dengan menyediakan kendaraan kecil untuk memasuki Makkah dan tempat-tempat suci lain adalah langkah-langkah yang diambil untuk menghindari para jamaah haji dari jongkok menunggu di tempat umum, juga akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan haji tahun ini,” katanya.

Al-Khodairy memimpin pertemuan pada hari Selasa untuk mengatur kampanye media untuk menginformasikan publik tentang peraturan haji dan instruksi.

Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal akan meluncurkan kampanye kesadaran besar lain berjudul “Pelarangan Haji Tanpa Izin” pada hari Sabtu. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong orang Saudi dan ekspatriat untuk memperoleh izin haji sebelum melanjutkan ke tempat-tempat suci untuk haji.

Sementara itu, Brig. Ayed Al-Harbi, komandan pasukan Haji Departemen Paspor, mengatakan kampanye kesadaran tahun lalu berperan dalam membantu peziarah memasuki tempat suci tanpa kesulitan.

Dia menekankan perlunya menerjemahkan isi kampanye ke dalam bahasa yang berbeda untuk memastikan bahwa pesan telah tersampaikan kepada beragam bangsa, seperti dikutip dari arabnews.com.

Dia juga menyerukan untuk menghentikan kendaraan ilegal yang membawa peziarah di pos pemeriksaan pertama untuk mengurangi tekanan pada pos pemeriksaan utama.