Bandara Baru Madinah Siap Layani Lebih dari 750.000 Jamaah

Berhaji.com

Pekerjaan pembangunan masih terus berlangsung di Bandara Internasional Prince Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah. Pembangunan bandara tersebut sebagai bentuk kesiapan dengan kedatangan sejumlah besar jamaah untuk melakukan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Pihak bandara telah mempercayakan kepada pihak operasi untuk memastikan kesiapan rencana untuk memfasilitasi kedatangan dan keberangkatan lebih dari 750.000  jamaah selama bulan Ramadhan dan di luar bulan Ramadhan. Pembangunan ini dilaksanakan oleh perusahaan kontraktor, TIBAH.

Direktur Senior Otoritas Pembangunan Bandara, Waled Abu Anaq mengatakan, rencana komprehensif untuk periode perjalanan selama bulan Ramadhan termasuk persiapan ruang kedatangan dan keberangkatan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan, dan pengoperasian semua fasilitas perbankan di bandara untuk mengeluarkan mata uang asing, tengah serius dipersiapkan.

Semua counter layanan untuk penumpang umrah telah dioperasikan di ruang haji yang mengkhususkan diri dalam kedatangan dan keberangkatan penumpang umrah pada penerbangan internasional, dengan berkoordinasi dengan Departemen Paspor dan Bea Cukai, Kantor Perusahaan Umrah, dan di bawah pengawasan cabang Kementerian Haji dan Umrah di Madinah.

Semua kantor penerbangan di lorong-lorong keberangkatan juga telah disiapkan untuk memfasilitasi layanan, seperti semua pos keamanan dan inspeksi. Penerbangan umrah telah dijadwal ulang juga untuk memastikan bahwa setiap penerbangan difasilitasi dan terorganisir dengan rapih.

Direktur Jenderal Otoritas Pembangunan Bandara, Mohammed Al-Fadel mengatakan rencana operasional untuk Ramadhan dilaksanakan berkoordinasi dengan perusahaan kontraktor dan pemerintah khusus. Pembangunan dilaksanakan dengan memperhitungkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Tujuannya, kata dia, adalah untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan prosedur keberangkatan dan kedatangan untuk penumpang jamaah Umrah dan pengunjung. Penyempurnaan bandara ini juga guna menjamin pemeliharaan dan keamanan lingkungan di bandara.

“Rencana operasional untuk bulan Ramadhan termasuk koordinasi dalam pergerakan penumpang pada setiap jam, sesuai rencana operasional, dalam rangka memfasilitasi kedatangan dan keberangkatan lebih dari 750.000 penumpang pada 1600 penerbangan Umrah internasional pada berbagai penerbangan, selain menerima penerbangan internasional dan domestik yang dijadwalkan secara rutin, “katanya.

Dia mengatakan semua counter di ruang plaza haji telah siap untuk melayani penumpang sepanjang bulan, seperti dikutip dari arabnews.com. Para staf bandara juga siap dan terlatih untuk menyelesaikan semua prosedur untuk kedatangan dan keberangkatan penumpang dalam waktu singkat.