Pemerintah Saudi Kecam Haji Ilegal

Berhaji.com

Kerajaan Arab Saudi mengimbau agar jemaah haji menjalankan prosedur yang benar untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka pun mengancam jemaah yang berencana melakanakan ibadah haji dengan cara-cara menipu alias berhaji dengan cara ilegal.

Hal ini dilontarkan oleh Mufti Besar Syeikh Abdul Aziz al-Asheikh yang menkritisi upaya beribadah haji dengan cara menipu. Menerut dia, seperti dikutip dari Arabnews, tindakan jemaah yang mengelabui petugas keamanan saat melewati pos pemeriksaan dengan menggunakan busana normal dan kemudian berganti menjadi pakaian ihram saat berada di Kota Suci. “Memasuki Makkah tanpa izin adalah tindakan melanggar hukum,” ujarnya.

Kecaman ini ditujukan kepada sejumlah jemaah haji domestik yang berusaha menyelundup masuk ke Kota Suci setiap tahun. Al-Asheikh memastikan jemaah haji yang berkelakuan seperti itu tahun ini adalah mereka yang telah menunaikan haji dalam lima tahun terakhir.

Padahal, kata sang mufti besar, pihak kerajaan telah menyiapkan cara untuk memudahkan jemaah domestik yang berniat menunaikan haji, sehingga mereka tidak perlu berdesakan dan dapat menyelesaikan ibadah haji dengan sempurna tanpa kerepotan berarti, seperti dikutip dari harian republika. “Setiap orang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dengan mematuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pihak otoritas,” kata Al-Asheikh.

Dia pun menekankan bahwa keputusan untuk mengizinkan jemaah yang memiliki dokumen lengkap saja diambil demi kepentingan individu yang bersangkutan, dan upaya melanggar aturan ini tidak dapat dibenarkan.