Lakukan Hal Ini Jika Anda Tersesat di Masjidil Haram

Berhaji.com

Berada di tempat yang megah, luas, dan asing seperti Masjidil Haram, boleh jadi menyulitkan untuk sebagian orang. Tidak aneh bila akhirnya banyak jamaah yang tersesat saat berada di areal Masjidil Haram, Makkah.

Ketika akhirnya kita benar-benar tersesat di Masjidil Haram, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak perlu panik dan bingung.

Setelah itu langkah yang paling mudah selanjutnya adalah mencari petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sektor Khusus Masjidil Haram yang akan bertugas selama 24 jam penuh melakukan patroli di sekitar Masjidil Haram untuk membantu para jamaah.

Para petugas tersebut akan sangat mudah dikenali karena tidak mengenakan pakaian ihram seperti jamaah haji umumnya, seperti dikutip dari harian republika. Mereka akan mengenakan seragam putih hitam dengan rompi atau jaket hitam bertuliskan “Petugas Haji Indonesia 2016.”

Jamaah diimbau untuk tidak ragu mendatangi petugas dan melapor jika terpisah dari rombongannya sehingga dapat diantar ke pemondokan ataupun terminal bus shalawat yang akan membawanya ke pemondokan.

Tak ketinggalan, jangan pernah lupa memakai gelang identitas serta membawa kartu bus dan nomor pemondokan karena akan memudahkan petugas menentukan pemondokan ataupun kelompok jamaah.