berhaji.com

Ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan kesiapan mental dan fisik. Selain mempersiapkan fisik selagi masih di tanah air, kita juga perlu menjaga kesehatan selama di tanah suci agar ibadah tetap tidak terganggu.

Berikut ini 10 tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

  1. Perhatikan kebersihan makanan dan minuman selama di tanah suci. Selama di sana, ada banyak makanan yang tidak familiar dengan kita. Selain kebersihan, perhatikan jgua jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi.
  2. Sebaiknya membawa bekal air mineral selama perjalanan. Apalagi perjalanan selama 10 jam antara Mekkah dan Madinah pasti akan membutuhkan energi lebih. Air yang aman dikonsumsi selain air yang Anda bawa sendiri adalah air Zam Zam yang bisa langsung diminum meski mentah karena kandungan flouride nya yang tinggi dan mampu membunuh kuman.
  3. Selalu gunakan masker saat berada di keramaian dan kawasan gurun untuk menghindari alergi karena debu atau penyebaran penyakit dari jamaah lain.
  4. Bawa sabun pribadi di dalam tas yang selalu dibawa kemanapun untuk memudahkan kita mencuci tangan sebelum makan.
  5. Sebaiknya langsung mengonsumsi jatah makanan yang masih hangat dan segar. Hindari menyimpan jatah makanan terlalu lama. Banyak jemaah haji yang tak ingin repot makan saat dibagi jatah makanan dan menyimpannya untuk dimakan di hotel atau tempat istirahat. Lebih baik sedikit repot daripada makanan menjadi basi karena terlalu lama disimpan dan kitapun kurang energi.
  6. Perhatikan penyakit yang telah dialami sebelum berangkat ke tanah suci. Periksakan diri dan kondisi terakhir sebelum berangkat, konsultasikan juga pada dokter Anda agar dokter bisa memberi saran untuk menghindarkan terjadinya kemungkinan komplikasi atau penyakit kambuh.
  7. Beritahukan juga kondisi anda pada kepala kelompok agar dapat waspada dengan berbagai kemungkinan.
  8. Usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dalam kelompok. Terutama bagi yang memiliki penyakit diabetes agar dapat mengatur pola makan tapi juga tidak perlu berhenti makan karena gula dara naik.
  9. Istirahatlah yang cukup. Jamaah haji membutuhkan stamina yang baik untuk dapat menyelesaikan berbagai rangkaian ibadah haji. Fokuskan untuk ibadah dna kurangi jalan-jalan dan belanja jika stamina tidak memungkinkan.
  10. Bagi jamaah yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya sedikan krim anti nyamuk dan anti jamur untuk melindungi kulit dari gigitan serangga dan menjaga kelembaban kulit.

Komentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>