berhaji.com

Menunaikan ibadah haji dan umrah di usia muda memang menjadi impian kebanyakan orang. Namun, tak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tanah suci di usia muda.

Namun, kita bisa mewujudkan kesempatan itu sendiri dengan cara berusaha dan bersungguh-sungguh. Berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan agar bisa umrah selagi muda.

Menabung dengan Besaran Tetap

Setiap bulan, tentukan jumlah tertentu untuk ditabungkan dengan tujuan untuk umrah atau naik haji. Usahakan agar besaran tabungan bisa tetap agar kita bisa memperkirakan berapa tahun lagi kita bisa mengejar untuk berangkat umrah.

Niatkan Sedini Mungkin

Semakin dini kita memiliki niat untuk berangkat umrah, maka semakin cepat juga tabungan terkumpul. Misalnya saja saat kita berusia 20 tahun kita sudah bertekad untuk menabung untuk umrah. Bukan tak mungkin, di usia 30 tahun kita berhasil untuk umrah.

Manfaatkan Fasilitas Pinjaman dari Bank Syariah

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan produk bank syariah yang dikenal dengan nama pembiayaan umrah. Produk ini diperuntukkan bagi jamaah yang ingin berangkat lebih cepat, mereka bisa mencicil selama sebelum berangkat hingga setelah pulang umrah.

Kamu juga bisa menggabungkan uang tabungan dengan pinjaman dari bank sehingga pinjaman yang kamu ambil tidak terlalu besar dan cicilannya bisa menjadi lebih ringan.

Tabungan dengan Investasi

Biaya umrah umumnya terus meningkat setiap tahun. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menabung dengan berinvestasi pada jenis investasi seperti emas ataupun pasar saham halal. Saham halal adalah saham yang diperjual belikan pada perusaaan yang bidang usahanya jelas dan halal.

Berangkat Umrah Pada Saat Low Season

Seperti juga biaya liburan, biaya umrah di saat peak season seperti saat Ramadhan juga biasanya meningkat karena banyaknya jamaah yang mengantri. Pilihlah waktu yang kosong untuk berangkat umrah untuk mendapatkan harga normal.

Hindari Berangkat Umrah Bareng Artis

Selain saat peak season, salah satu hal yang membuat biaya umrah meningkat juga adalah program berangkat umrah bareng artis atau dai kondang. Tak hanya mahal, berangkat umrah bareng artis juga dapat membuat kita tidak fokus beribadah dan malah sibuk berfoto selfie dengan tokoh tersebut. Apalagi, seringkali tokoh yang dibawa tersebut tak memedulikan jamaah yang ingin berfoto bersamanya, sehingga jamaah terkadang perlu berusaha keras agar bisa berfoto bersama sang artis.

Pilih Fasilitas Umrah Sederhana

Biaya umrah juga akan tergantung pada fasilitas yang disediakan pihak agen travel umrah. Pilih saja fasilitas yang sederhana, yang penting tujuan kita untuk beribadah tercapai dan kita bisa memfokuskan diri beribadah daripada mencari kenyamanan di penginapan  maupun di perjalanan.

Umrah Backpacker

Untuk kamu yang suka tantangan, kamu bisa bergabung dengan komunitas umrah backpacker yang bisa pergi umrah dengan biaya sangat miring. Atau, kamu juga bisa pergi umrah sendiri tanpa ikut biro umrah. Caranya, buat Visa Bisnis dengan mengisi aplikasi di website, kadangkala harus mencari penjamin atau pengundang dari saudi. Kemudian, cari tiket pesawat umum ke Jeddah / Riyadh, dan gunakan kendaraan umum untuk ke Mekkah atau Madinah. Biaya bis umum biasanya berkisar antara 35 – 80 riyadh. Untuk menginap, bisa singgah di Masjidil Haram atau Nabawi. Makan bisa sekitar 15-35 riyal sekali makan porsi besar, sedangkan minum disediakan di masjid.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>