berhaji.com

Nuansa spiritual yang mendalam begitu terasa di Masjid Nabawi dan tempat-tempat bersejarah lain di Kota Madinah, terutama selama bulan Ramadhan.

Kemilau Pesona Kota Madinah

Ada banyak lokasi yang memiliki tempat penting dalam sejarah dan pertumbuhan Islam di dalam hati umat Islam, termasuk masjid, sumur, rumah, istana, mata air, gunung dan jurang.

Kemilau Pesona Kota Madinah Kemilau Pesona Kota Madinah

Masjid Nabawi memiliki sejarah yang kaya sendiri untuk menceritakan kedatangan Rasulullah SAW ke Madinatul Munawwaroh. Bangunan itu sendiri telah menjadi sebuah keajaiban arsitektural di bawah perawatan Kerajaan Saudi.

Kata-kata sering tidak bisa menggambarkan rasa kepuasan dan kekaguman yang dialami oleh pengunjung ketika mereka tiba di sini untuk berdoa pertama kalinya, terutama di taman di komplek Rawdhah, yang dihiasi dengan cat hijau dan emas, serta ubin, di mana Nabi SAW biasa memimpin doa dan menyampaikan khotbah-khotbahnya.

Beberapa meter dari masjid, ke arah timur, terletak komplek pekuburan Baqi yang dikelilingi oleh dinding, di mana lebih dari 10.000 Muslimin dikebumikan di sana, termasuk sahabat dan keluarga Nabi SAW.

Ada banyak masjid bersejarah di arah barat daya yang telah direnovasi dan dibangun kembali berkali-kali, termasuk Masjid Abu Bakar Al-Siddiq, Masjid Umar dan Masjid Ali bin Abi Thalib, seperti dikutip dari arabnews.com. Empat kilometer ke selatan terdapat Masjid Quba, tempat di mana para kaum Anshar pertama kali bertemu Nabi SAW seraya bersenandung ‘thalaa`l badru a`laina’, dan mengundangnya untuk tinggal di rumah mereka.

Para pengunjung juga biasa menziarahi makam para pemanah di Gunung Uhud untuk mendoakaan dan mengenang keberanian mereka melawan kaum kafir Quraisy.

Tempat lain untuk mengunjungi termasuk lokasi perang Khandaq, dimana pada perang tersebut kaum Muslim dapat mengalahkan kaum Kafir Quraisy dengan menggali parit yang dalam untuk menjebak mereka.

Komentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>