berhaji.com

Assalamualaikum sahabatku dan seluruh kaum muslimin di dunia, alhamdulilah hari raya idul adha tahun ini telah kita lewati, tentu sangat banyak makna yang terkandung dan hikmah yang kita dapat dari perayaan idul adha kemarin. Sahabatku sebelumnya sempat kita bahas mengenai perjalanan dan tatacara wukuf di arafah yang merupakan hal paling utama dan suatu keharusan yang dilakukan oleh para umat muslim yang telah melaksanakan ibadah haji, sebelumnya sudah kita bahas mengenai wukuf namun untuk menambah wawasan kita dan mengingatkan kita kembali mengenai pemahaman wukuf mari kita kaji kembali.

Wukuf merupakan keberadaan diri seseorang di arafah walaupun sejenak dalam waktu antara tergelincirnya matahari tanggal 9 dzulhijjah (hari arfah) sampai terbit fajar tanggal 10 dzulhijjah (hari nahar). Pelaksanaan wukuf memang hanya berkisar sebentar namun banyak hal yang dapat dipetik dalam pelaksanaannya karena dalam batas waktu yang singkat tersebut kita dapat lebih merasakan betapa nikmatnya ketika kita berada ditempat yang menjadi wadah sebagai pendekatan kita terhadap sang kholik, terhadap sang pencipta, saat dimana kita dapat merasakan kekhusuan yang begitu damai dan menenangkan jiwa.

Sahabatku keberlangsungan wukuf merupakan puncak utama dari pelaksanaan ibadah haji dan tujuan utama kita ketika memutuskan untuk melaksanakan ibadah haji, karena pada saat pelaksanaan wukuf kita dapat merasakan betapa agungnya dan betapa nikmatnya ketika kita berupaya mendekatkan diri kepada sang pencipta dengan tujuan yang baik dan disertai hati yang tulus dan niat yang bersih.

Diarafah kita berkumpul dengan seluruh umat muslim didunia bersama-sama saling mencari keberkahan dan rindho allah, dalam situasi seperti ini kita diajarkan untuk saling menghargai dan menghormati meskipun berbeda suku dan berbeda kebudayaan, karena sesungguhnya allah sangat menyukai kebersamaan yang damai demikian juga dengan rosul kita yang selalu mengajarkan kedamaian dan empati terhadap sesama umat terutama sesama umat muslim diseluruh dunia. Itu merupakan salah satu hikmah dan manfaat dari pelaksanaan wukuf.

Wahai para sahabatku yang sudah melaksanakan ibadah haji, semoga dapat memetik hikmah dan manfaat dari pelaksanaan haji dan semoga para jamaah haji dapat pulang dengan gelar terindah dari allah SWT sebagai gelar haji mabrur, namun bagi sahabatku yang belum sempat melaksanakan ibadah haji jangan berkecil hati semoga pemaparan saya lewati pemahaman berhaji ini dapat menjadi motivasi dan semangat sebagai pencipta kekokohan hati dalam melaksanakan ibadah haji.

 

 

 

 

 

Komentar

Komentar