Berhaji.com – Seluruh rentetan ibadah haji telah selesai dengan berakhirnya fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Kolter gelombang pertama jemaah haji pun tengah disiapkan untuk kepulangannya pada Sabtu (17/9) mendatang.

Jamaah gelombang pertama akan dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah,” ujar Kepala Bidang Transportasi, Subhan Cholid .

 

Sebanyak 10 kloter dijadwalkan untuk ikut pemulangan gelombang pertama. Daftar kloter dan juga jadwal pemulangan secara detail sudah disampaikan pada pihak muassasah, naqabah, dan syarikah agar disiapkan sarana transportasi yang akan membawa jemaah dari Makkah menuju Jeddah.

Jemaah haji diharapkan tidak membawa barang-barang terlarang termasuk air zam-zam dalam tas koper karena pemeriksaan akan dilakukan secara ketat. Hal ini dilakukan karena karena pada tahun ini check in barang akan langsung dilakukan di bandara, tidak lagi di Madinatul Hujjaj.

“Karena tahun ini ada perubahan di mana tidak ada lagi city check in, maka semua barang akan dikirim langsung ke bandara. Kalau di bandara, artinya barang tersebut akan dicek oleh pihak keamaanan arab Saudi,” tegas Kepala Daker Makkah, Arsyad Hidayat .

Berdasarkan data yang dirilis dalam aplikasi Haji Pintar, ke-10 kloter yang akan dipulangkan pada tahap awal adalah JKS 001, JKG 001 dan JKG 002, BTH 001, MES 001, PDG 001, BDJ 001, SUB 001 dan SUB 002, serta UPG 001.

Komentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>