berhaji.com

Bagi Anda yang sudah sudah memiliki niatan untuk menjalankan umrah namun belum pernah melakukannya sebelumnya, selain mengikuti arahan dari pihak penyelenggara umrah, Anda juga harus memiliki patokan tertentu agar umrah Anda bisa berjalan mulus sesuai rencana.

Berikut ini lima hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang akan menjalankan umrah untuk pertama kali.

Pemilihan Waktu

Umrah memang bisa dilakukan kapan saja, tidak seperti haji yang harus dilakukan di musim haji. Namun, Anda juga perlu memilih waktu yang tepat, misalnya saat iklim di Mekkah cukup nyaman untuk beribadah. Di musim panas, yaitu pada bulan Juni – Agustus karena suhu bisa mencapai 45 derajat celcius. Sedangkan pada bulan November – Februari, suhu bisa mencapai 8 derajat celcius di malam hari dan 38 – 42 derajat celcius di siang hari. Selain itu, pemilihan waktu di bulan Ramadhan juga bisa menyebabkan biaya membengkak.

Pilih Agen Travel Terpercaya

Jangan sembarang memilih agen travel untuk pergi umrah, mengingat biaya umrah juga tak bisa dibilang murah, sehingga kita harus berhati-hati dengan jumlah uang tersebut. Perhatikan juga akomodasi yang ditawarkan agen travel, apakah sesuai dengan harga yang dibayarka? Jika Anda ingin menghemat dana, pilih juga paket umrah reguler agar tidak perlu singgah di negara-negara lainnya seperti Dubai, Turki, Mesir dan Malaysia, dan tujuan Anda langsung ke Mekkah. Setelah itu, Anda bisa segera mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Seperti paspor, foto close up, dan kartu kuning berisi vaksinasi meningitis dan influenza.

Latihan Fisik

Pada saat umrah, Anda juga akan membutuhkan kondisi tubuh yang prima karena aktivitas ibadah umrah juga lumayan melelahkan, seperti rawaf dan sa’i yang mengharuskan berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Lakukan olahraga ringan secara rutin dari beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Perbekalan

Beberapa item khusus yang perlu Anda ingat adalah pakaian ihram, sandal/sepatu, kaus tangan, kerudung panjang dan lebar, kaus kaki, pelembab wajah, lotion, pakaian ganti, pakaian tidur, alat sholat, Al-Qur’an, obat-obatab, miltivitamin, pembalut wanita untuk persiapan, dan juga kacamata hitam dan topi jika diperlukan, mengingat udara di Mekkah cukup panas dan terik. Anda juga bisa menyiapkan keperluan lain seperti kamera saku, power bank atau colokan 3 lubang untuk persiapan.

Luruskan Niat

Hilangkan jauh-jauh niat kita untuk hal-hal duniawi seperti memamerkan momen umrah di sosial media atau belanja banyak oleh-oleh. Bawa uang secukupnya saja sesuai kebutuhan. Ikhlaskan hati karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di Tanah Suci.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>